DO’A UNTUK RAHMAT ALLAH

Doa

DO’A UNTUK RAHMAT ALLAH

Anda mungkin tahu dua nama Allah  Ar-Rahmaan dan Ar-Raheem ini . Tapi apakah Anda tahu artinya?

Dua dari 99 nama Allah  ini mengacu pada karakter Allah yang penyayang dan pemaaf.

Namun ada perbedaan, Ar-Rahmaan mengacu pada luasnya rahmat Allah, dan Ar-Raheem mengacu secara khusus pada rahmat-Nya yang dia berikan kepada makhluk-Nya.

Dia adalah satu-satunya yang paling baik dan penuh kasih terhadap semua ciptaan-Nya. Dia inklusif dan merangkul siapa pun yang akan meminta bantuannya.

Namun limpahan rahma (rahmat) Allah tidak akan datang kepada Anda kecuali niat dan tindakan Anda murni. Hanya ketika Anda benar-benar tulus, Anda akan layak mendapatkan belas kasihan Allah. Ini bukan sesuatu yang bisa dipalsukan, Allah mengetahui niat yang sebenarnya di dalam hati seseorang.

Dalam Surah Al A’raf ayat 56 dikatakan, “Dan berdoalah kepada-Nya dalam ketakutan dan cita-cita. Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Dalam artikel ini, kami akan membahas 4 doa-doa berbeda yang dapat Anda baca untuk meminta belas kasihan Allah.

DO’A AMPUNI KAMI DAN KASIHANILAH KAMI

Doa pertama berasal dari Surah Al A’raf ayat 155 dan 156 dan dalam bahasa Arab tertulis,

Transliterasi : Anta waliyyunaa faghfir lanaa warhammnnaa wa Anta khairul ghaafireen. Waktub lanaa fee haazi hid dunya hasanatan wa fil Aakhirati innaka hudnaaa ilaik.

Terjemahan : Engkau adalah Pelindung kami, maka ampunilah kami dan kasihanilah kami; dan Engkau adalah sebaik-baik pemaaf. Dan ketetapan bagi kami di dunia [apa yang] baik dan [juga] di akhirat; sesungguhnya kami telah kembali kepada-Mu.

DUA DUA UNTUK PENGAMPUNAN DAN RAHMAT ALLAH

Doa kedua datang dari Surah Al-Muminun ayat 118 ,

Terjemahan : Rabbigh fir warham wa Anta khairur raahimeen
Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah dan kasihanilah, dan Engkau adalah sebaik-baik penyayang.

DOA KETIGA DARI SURAH KAHFI MENCARI RAHMAT ALLAH

surat kahfi ayat 10 ,

Transliterasi : Rabbana atina mil-ladunka Rahmataw wa hayyi lana min amrina rashada
Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan persiapkan bagi kami dari urusan kami petunjuk yang benar.

DOA KEEMPAT UNTUK MAAFKAN SAYA DAN TUNJUKKAN RAHMAT

Doa terakhir dibacakan dari Nabi Musa untuk meminta pengampunan itu disebutkan dalam Surah Al A’raf ayat 151,

Transliterasi : Rabbighfirli wa li akhi wa adkhilnal fee rahmatika wa Anta arhamur rahimeen
Terjemahan : Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkan kami ke dalam rahmat-Mu, karena Engkau adalah Maha Penyayang dari Yang Maha Penyayang

KESIMPULAN

Sebelum Anda pergi dan kami tidak pernah mendengar kabar satu sama lain lagi (kecuali Anda berlangganan newsletter kami) Saya ingin berbagi satu hadits terakhir tentang memiliki karakter yang baik dan merupakan filosofi hidup yang baik untuk diikuti.

Abu Dzar berkata:

Rasulullah bersabda kepadaku: Milikilah Taqwa (taqwa yang berarti kesadaran atau kesadaran) kepada Allah di mana pun kamu berada, dan ikutilah kejahatan dengan kebaikan untuk menghapusnya, dan perlakukan orang-orang dengan perilaku yang baik.

Grade : Hasan (Darussalam)
Referensi : Jami At-Tirmidzi 1987
Referensi dalam buku : Buku 27, Hadis 93
Terjemahan bahasa Inggris : Vol. 4, Buku 1, Hadis 1987

Hadits ini memberitahu kita umat Islam untuk menyadari Allah dalam segala hal yang kita lakukan, dan mengakui bahwa kita adalah manusia dan pasti akan salah atau melakukan tindakan yang tidak bermoral. Namun, jika kita memiliki kemampuan untuk sadar diri dan menangkap diri kita sendiri maka kita harus menindaklanjuti dan dengan melakukan sesuatu yang positif.

Sungguh menakjubkan apa yang terjadi ketika kita menjadi tidak mementingkan diri sendiri dan mulai memberi dan memperhatikan orang lain sebelum diri kita sendiri. Jika kita membantu cukup banyak orang mendapatkan apa yang mereka inginkan, kita mendapati diri kita memiliki semua yang kita inginkan.

Insya Allah dengan membaca empat doa ini, Rahmat Allah akan tercurah kepada kita. Semoga Dia memberi kita kesabaran, pengetahuan, dan mengisi hati kita dengan keberanian dan kekuatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top